Baiklah, sekarang saya akan berbagi sedikit cerita tentang pengalaman saya mengajar di kelas X pada minggu pertama setelah MPLS.
Berdasarkan Capaian Pembelajaran Matematika SMA Fase E yang ditetapkan Kemendikbud, serta hasil musyawarah guru mata pelajaran di sekolah, dapat saya simpulkan keseluruhan topik yang akan dipelajari di kelas X ini dalam satu tahun adalah sebagai berikut.
- Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
- Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV)
- Persamaan dan Fungsi Kuadrat
- Eksponen, Logaritma, dan Bentuk Akar
- Trigonometri Dasar
- Barisan dan Deret
- Statistika Dasar
- Peluang
Cukup banyak materinya. Apalagi kelas X ini ada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebanyak tiga tema, dimana tiap temanya bisa memakan waktu sedikitnya dua minggu. Saya agak pesimis sebenarnya, apakah bisa menyelesaikan semua topik itu dalam satu tahun.
Topik pertama yang akan saya sampaikan adalah SPLTV. Saya memilih materi ini dengan asumsi bahwa anak-anak sudah pernah belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) saat di SMP sehingga saya tinggal menambah variabelnya saja. Mungkin tidak akan terasa sulit.
Pada pertemuan pertama, kegiatan pembelajaran saya awali dengan perkenalan, kemudian menyepakati keyakinan kelas. Setelah itu saya menyampaikan apa saja topik-topik yang akan dipelajari dalam satu tahun dan targetnya tiap semester. Sebelum memasuki materi SPLTV, saya mengingatkan siswa mengenai SPLDV, dan melakukan tes diagnostik. Dan saya mendapati bahwa sebagian siswa belum lancar dalam beberapa hal yang menjadi prasyarat dalam topik SPLTV ini, yaitu meliputi:
- Operasi aljabar bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat positif dan negatif)
- Operasi aljabar pada bentuk aljabar
- Persamaan linear satu variabel
- Sistem persamaan linear dua variabel
Mau tidak mau saya harus melatih keempat kemampuan itu dulu sebelum masuk ke SPLTV. Sehingga dalam pertemuan kedua, saya memberi anak-anak kelas X latihan soal untuk mengasah kemampuan keempat hal tadi. Meski mengulang materi SD dan SMP, saya amati anak-anak tidak merasa tersinggung dengan soal latihan yang saya berikan tersebut. Mereka tampak antusias mengerjakan soal latihan itu, dan ini merupakan langkah awal yang baik menurut saya, menunjukkan bahwa anak-anak punya keinginan untuk bisa.
Itu saja yang bisa saya bagikan kali ini. Wish me luck ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar