Rabu, 24 Juli 2024

Menyajikan Aturan Sinus (Refleksi Mengajar Hari Pertama di Tahun Ajaran Baru)

Baiklah, di sini saya cuma ingin bercerita saja, bagaimana pengalaman saya dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran di kelas saya pada pertemuan pertama mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut Fase F kelas XI. Sekolah kami mengacu pada Kurikulum Nasional.

Mata Pelajaran Matematika Tingkat Lanjut Fase F kelas XI di kelasku kuawali dengan materi Aturan Sinus. Karena pertama kali bertemu, maka kegiatan pembelajaran dimulai dengan perkenalan dan menyepakati keyakinan kelas. Setelah dirasa cukup, saya menjelaskan materi apa saja yang akan murid-murid saya pelajari di mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut kelas XI ini selama setahun dan target per semesternya.

Sebelum masuk ke materi, saya memfasilitasi murid untuk mengingat kembali materi Trigonometri yang sudah mereka pelajari di kelas X. Saya mengingatkan seperlunya saja, yaitu meliputi:

  1. Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku.
  2. Nilai perbandingan Trigonometri sudut-sudut istimewa
  3. Relasi sudut untuk menentukan nilai perbandingan trigonometri di berbagai kuadran.
  4. Contoh soal terapan pada segitiga siku-siku.
Murid-murid menuliskan di buku catatannya apa-apa saja poin penting dari kegiatan mengingat kembali tersebut.

Sebagai guru saya berusaha memfasilitasi dengan sebaik yang saya bisa agar murid-murid saya bisa memahami materi yang dipelajarinya. Saya mencoba mengaitkan materi Aturan Sinus ini dengan pemahaman yang sudah mereka miliki di kelas X.
Awalnya murid-murid saya beri soal sederhana seperti ini:



Mereka kemudian berusaha menyelesaikannya dengan menggunakan perbandingan trigonometri yang sudah mereka ketahui di kelas X. Penyelesaiannya seperti ini:


Kemudian, untuk menghubungkannya dengan Aturan Sinus, saya memberi soal yang setingkat lebih tinggi sebagai pengantar ke Aturan Sinus seperti ini.


Saya meminta para murid untuk menyelesaikannya menggunakan cara yang sudah mereka ketahui di kelas X, yaitu dengan membuat garis bantu. Dan soal tersebut dapat diselesaikan dengan dua langkah seperti ini.


Saya kemudian menyampaikan kepada para murid, bahwa soal tersebut dapat diselesaikan dengan satu langkah saja. Para murid tampak antusias bertanya-tanya cara apa yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut dalam satu langkah. Saya pun menyampaikan bahwa cara yang bisa dipakai adalah Aturan Sinus. Mereka nampak penasaran, seperti apa itu Aturan Sinus. Kemudian saya memfasilitasi mereka untuk menemukan rumus Aturan Sinus tersebut. 
Saya menggunakan cara seperti ini:


Sehingga, dengan menggunakan rumus ini, siswa dapat menyelesaikan soal tadi dalam satu langkah, yaitu:

Setelah itu, saya meminta para murid untuk mencoba membuktikan bagian lainnya dari aturan sinus, yaitu:

 dan 

Sehingga berdasarkan rumus-rumus yang mereka temukan tersebut dapat disimpulkan rumus secara umum, sebagai berikut.

Untuk sebarang segitiga ABC, dimana panjang AB = c,  panjang AC = b, dan panjang BC = a, berlaku rumus sebagai berikut:

Rumus tersebut disebut sebagai Aturan Sinus.

Karena waktu telah habis, maka kegiatan latihan soal saya berikan pada pertemuan berikutnya. Saya berusaha tidak memberi pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah karena para murid pulangnya saja sudah sore, jam 15.30. Waktu di rumah harapannya dapat digunakan untuk berisirahat dan berinteraksi dengan keluarga.
Demikianlah pembelajaran saya pada pertemuan pertama, yang saya rasa diikuti siswa dengan cukup antusias. Kekurangan yang saya rasakan pada pertemuan ini adalah, banyak siswa yang ijin tidak mengikuti pembelajaran karena menjadi panitia MPLS. Sehingga saya kemungkinan harus memberi tambahan penjelasan untuk siswa yang tidak mengikuti pembelajaran ini.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa baru pertemuan pertama langsung masuk materi. Salah satu alasan saya adalah karena banyaknya materi yang harus saya sampaikan dan waktu yang terbatas. Sehingga saya berusaha memanfaatkan waktu belajar di kelas seefektif mungkin agar target materi semester ini dapat tercapai. 

Wish me luck ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar